Belajar Percakapan Bahasa Inggris Untuk Pemula




Cara tercepat untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan menggunakannya sebagai alat komunikasi. Sebagaimana dengan katanya, yaitu bahasa Inggris.

Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi. Jadi untuk menguasainya Kamu harus menggunakannya untuk komunikasi. Terus gimana caranya? Kan Saya masih belum bisa berbicara pakai bahasa Inggris!

Yes, itu yang akan Saya share di artikel ini. Jika Kamu ingin tahu bagaimana tahapan belajar menguasai bahasa Inggris untuk percakapan, apalagi Kamu baru belajar bahasa Inggris maka Kamu sudah berada di tempat.

Sesuai dengan pengalaman yang pernah Saya alami dalam menguasai bahasa Inggris, Saya menyimpulkan hanya ada 4 hal yang akan mempertajam kemampuan komunikasi Kamu dalam berbahasa Inggris khususnya dalam percakapan, apa saja itu?

  • Perbanyak kosakata
  • Pertajam pendengaran
  • Latihan Pengucapan
  • Pelajari Polanya

Perbanyak Kosakata

Percayalah menghafal kata perkata dari kamus bahasa Inggris adalah cara yang paling lama untuk menambah kosakata mu. Kamu harus mengerti polanya, bukan hanya kosakatanya saja.

Kalau Kamu belajar kosakata tanpa tahu bagaimana cara menggunakan kosakata itu ke dalam kalimat, Kamu akan bingung sendiri. Dan Saya jamin dalam waktu singkat apa yang sudah Kamu hafal akan lupa lagi.

Berbeda jika Kamu tahu sususan pola nya, maka hafalan kosakata itu akan tersimpan dalam waktu yang lama

Cara paling efektif untuk menambah kosakata adalah dengan listening. Bukan dengan membaca buku ataupun menghafal kamus.

Saya sudah buktikan, cara ini sangat efektif dan akan mempersingkat waktu belajarmu.

Bagaimana caranya?

Kalau Kamu ingin meniru gaya belajar Saya, maka youtube lah resource yang paling mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris Saya saat ini. Saya menggunakan video sebagai alternatif favorit untuk mempertajam kosakata.

Atau Kamu bisa gunakan audiobook, atau podcast, bebas apa saja selama ada audionya untuk didengar.

Anyway, di akhir artikel ini Saya akan bongkar rahasia cara belajarnya untuk Kamu. So, lanjutin membacanya sampai selesai.

Pertajam Pendengaran

Ketika Kamu belajar listening, maka secara otomatis speaking skill (kemampuan bicara) Kamu meningkat.

Ini aneh tapi nyata. Awalnya juga Saya gak percaya sama statement di atas. Tapi setelah dipraktekan ternyata benar lho terbukti.

Kenapa harus belajar mendengar terlebih dahulu? Kenapa diawal bukan belajar membaca, atau menulis?

Sebenarnya filosofi ini diambil dari cara belajar anak balita.

Seorang anak balita belajar bahasa ibunya dengan cara melihat dan mendengar. Padahal mereka belum bisa membaca dan menulis, tapi mereka bisa meniru bahasa ibunya hanya dengan mendengar dan memperhatikan setiap orang disekitarnya.

Apakah balita diberikan kamus? No,…

Apakah mereka belajar grammar? No,….

Mereka hanya memperhatikan orang sekitar, dengan cara mendengar dan melihat.

So, thats why mengapa Saya lebih cepat belajar dengan menggunakan video. Karena dari video Saya bisa mendengar dan memperhatikan bagaimana cara mereka ( native/penutur asli) melafalkannya.

Bahkan buku-buku bahasa Inggris Saya mulai dari SD sampai kuliah tidak banyak membantu Saya dalam memperlancar bahasa Inggris. Saya malah lancar berbicara bahasa Inggris setelah banyak menonton video dan mendengarkan audiobook.

So, latihan listening itu penting banget guys. Ini adalah pondasi awal skill bahasa Inggris Kamu.




Latihan Pelafalan

Lidah kita tidak sama dengan lidah orang bule, so kita harus melatih cara pengucapan kita agar bisa dimengerti oleh mereka. Bahkan penulisan dan bunyi dalam bahasa Inggris juga tidak konsisten lho.

Untuk itu belajar pelafalan / pronunciation penting agar tidak terjadi kesalah pahaman oleh lawan bicara.

Contoh :

Car —–> yang artinya adalah mobil ,harus dibaca “kar”, tidak boleh “ker”. Karna kalau kita menyebut kata ker, itu artinya peduli yang mana penulisannya adalah care.

bird —–> yang artinya burung, harus dibaca “berd”, tidak boleh dibaca “bird”. Karna kata bird memiliki arti kumis brewok yang mana penulisannya adalah beard.

Mengerti kan?

Bahasa Indonesia memiliki bunyi dan penulisan yang sama, jadi kita sebagai penutur asli bahasa Indonesia tidak bisa mengadaptasi bahasa Inggris dengan cara membacanya orang Indonesia. Pasti beda artinya.

Pahami Polanya

Bahasa Inggris memiliki pola bahasa, atau tata bahasa yang mana disebut dengan grammar. Bahasa Indonesiapunya punya grammar, kita menyebutnya dengan EYD atau ejaan yang disempurnakan.

Di bahasa Indonesia kita tidak mengenal bentuk waktu, tapi di bahasa Inggris ada namanya bentuk waktu yang disebut tenses.

Cara terbaik untuk menguasai pola bahasa Inggris adalah dengan tidak mempelajarinya.

Nah loh, aneh lagikan statement di atas.

Sebenarnya maksud dari statement di atas adalah, Kamu jangan terlalu fokus mempelajari tata bahasa Inggris, karena nanti Kamu akan kebingungan sendiri. Kamu cukup perhatikan saja cara mereka berbicara.

Contoh :

itu bagus ——> that is good —–>  dalam konteks waktu “saat terjadi”

Tadi itu bagus ——-> that was good ——> dalam konteks waktu”sudah terjadi”

Itu akan bagus ——> that will good ——> dalam konteks waktu “akan terjadi”

Jadi ada perbedaan waktu disana. Setiap beda konteks waktu beda yang harus diucapkan.

Kalian tidak usah repot-repot menganalisa dan mempelajari polanya. Kalo konteksnya sedang terjadi harus pake “is”, kalau belum terjadi harus pakai ‘was’, kalau akan terjadi pakai ‘will’.

Stop menganalisa!

Kenapa? Karena secara otomatis otak Kamu akan mempelajarinya sendiri tanpa sepengetahuan Kamu.

Gak percaya?

Okay, seorang anak bule tidak pernah belajar grammar seumur hidupnya mulai dari kecil hingga dia sekolah. Tetapi grammar mereka bagus dan lebih perfect dari Saya yang belajar grammar dari SMP sampai kuliah.

Apakah orang tua mereka memberikan buku grammar? No,…

Apakah mereka kursus grammar? No,…

Sekali lagi, mereka cuma mendengar dan memperhatikan ucapan orang sekitar mereka. Sama seperti halnya kita waktu masih balita.

Apa pernah orang tua kita memberikan buku kamus bahasa Indonesia atau buku pelajaran bahasa Indonesia agar kita bisa bahasa Indonesia? Tentu tidak.

Semua hanya karena kita memperhatikan, lalu secara otomatis otak kita yang menyimpulkan dan mengkoneksikan semua kata-kata yang sebelumnya sudah kita dengar menjadi sebuah kalimat yang dapat dimengerti.

Kuncinya adalah, Kita MENGGUNAKAN bahasa yang sudah kita pelajari sejak saat kita masih balita

Bukan dengan mempelajari, bukan dengan menganalisa. Tapi PRAKTEK!

Cara Belajar Percakapan Bahasa Inggris




Sesuai janji Saya sebelumnya, Saya akan bongkar bagaimana Saya bisa lancar bahasa Inggris. Latihan seperti apa yang Saya lakukan hingga bisa lancar berbicara bahasa Inggris dalam 3 bulan?

Okay, kuncinya ada 3, yaitu :

  • Repetisi
  • Konsisten
  • Deep learning / pembelajaran mendalam

Repetisi, artinya saya melakukan pengulangan secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu untuk mempelajari 1 hal yang sama. Yup, hanya mempelajari 1 hal yang sama dan terus menerus diulang ulang sampai jangka waktu tertentu.

Konsisten, artinya saya selalu memaksakan diri agar tetap disiplin untuk terus melakukan 1 hal yang sudah saya targetkan.

Deep learning, artinya adalah Saya mepelajari hingga benar-benar 100% Saya kuasai secara mendalam. Kalau belum 100% saya akan terus mengulang-ulang terus hingga 100% paham. Deep learning adalah cara otak kita menghubungkan hal yang sudah kita pelajari dan menyimpulkan menjadi sebuah makna yang bisa kita pahami.

Nah, konsep ini sebenarnya seperti mengoptimalkan cara otak kita belajar secara natural dan alami. Karena dengan belajar secara berulang-ulang akan menguatkan otak kita untuk mengingat dalam jangka waktu yang lama, dan memberikan koneksi baru dan pemahaman baru.

Cara belajarnya adalah seperti ini :

  • Pilih satu materi di Youtube yang Kamu pikir menarik dan Kamu sukai. Pilihlah yang durasinya pendek, dan mulai dari yang termudah dulu.
  • Pelajari 1 materi tersebut untuk minimal satu minggu ke depan secara konsisten.  Pelajari terus secara berulang ulang tiap harinya.
  • Minimal belajar adalah 30 menit setiap harinya. Tidak boleh kurang, lebih dari 3o menit dianjurkan untuk hasil lebih baik.
  • Hal yang pertama Kamu pelajari adalah pemahaman tentang arti dari isi materi, so Kamu membutuhkan Kamus untuk mencari tahu kosakata yang belum kamu tahu. Catat dalam satu catatan kecil sehingga ketika Kamu lupa, kamu bisa membukanya lagi.
  • Setelah Kamu mengerti semua arti dari materi tersebut, latihlah pelafalannya. Caranya adalah dengan mengikuti dan mengucapkan kembali setiap kata yang Kamu dengar dari materi tersebut. Tirulah nada serta penekanannya, kalau perlu logatnya sekalian.
  • Ketika Kamu sudah bisa mengerti, dan bisa melafalkan dengan sempurna , maka tingkat selanjutnya adalah coba ceritakan kembali. Tidak perlu perfect, setidaknya Kamu bisa menceritakan ulang versi Kamu sendiri dan tidak harus  100% sama dengan yang ada di materi. Mungkin di awal Kamu akan merasa kesulitan tapi seiringnya waktu Kamu akan bisa menguasai. Intinya adalah latihan secara.

Apa tanda Kamu sudah paham materi tersebut?

Kamu tahu seluruh isi tanpa teks lagi, bahkan hafal semua percakapan materi tersebut di luar kepala beserta dengan artinya dengan sangat mudah. Itulah tanda-tanda bahwa Kamu sudah paham dengan materi tersebut.

Bagaimana jika hanya dalam 3 hari Saya sudah bisa paham semua materi tersebut? Apakah boleh lanjut ke materi baru? Jawabannya tidak, tetap lakukan pengulangan materi sampai seminggu minimal, walalupun Kamu sudah bosan sekalipun.

Bagaimana jika dalam 1 minggu, Saya belum juga paham 100%? jawabannya adalah perpanjang masa pembelajarannya satu minggu ke depan menjadi 2 minggu. Kalaupun 2 minggu tidak cukup tambah sampai 3 minggu,  dan maksimal 1 bulan.

Apakah hanya mendengar saja bisa langsung pandai bicara? Bisa, asalkan Kamu melakukan hal ini untuk 3 bulan kedepan dengan konsisten. Tidak ada alasan untuk tidak latihan.

Ini bukan hal yang mudah, karena musuhnya adalah mengalahkan rasa malas dan bosan. Selain itu ada ego pribadi yang selalu menggoda untuk mempelajari materi baru sebelum masa latihan selesai.

Seberapa cepat kamu lancar berbicara bahasa Inggris tergantung dari porsi latihan Kamu. Saya sendiri memberikan target 3 jam sehari untuk belajar setiap harinya.




Kesimpulan

Dari semua yang bisa disimpulkan adalah satu hal, yaitu konsisten latihan.

Setelah Kamu menyelesaikan  seluruh masa latihanya dalam 3 bulan, lihatlah perubahan yang terjadi dengan kemampuan bahasa Inggrismu nanti. Ini sama halnya kalau Kamu fitness, kalau Kamu konsisten latihan dan menjaga pola makan, maka hasil tubuh ideal adalah bayarannya, begitu pula dengan belajar bahasa Inggris.

Kamu akan merasa amaze dan tidak percaya dengan peningkatan pesat. Sebenarnya rahasianya hanya konsisten latihan listening. Itu saja.

Silahkan praktekan, dan buktikan bahwa Saya tidak berbohong.

Close Menu